Jumat, 30 Oktober 2015

APA ITU SUKSES?

Kesuksesan dan Kebahagian

Menurut kalian apa sukses itu terbatas hanya pada memiliki harta banyak dan hidup mapan? Lalu apa sebenarnya arti dari kesuksesaan tersebut? Berikut beberapa arti kesuksesan.
·         Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Sukses memiliki arti yang sederhana tapi mendalam. Kata "sukses" didefinisikan sebagai berhasil atau beruntung. Sehingga kesuksesan berarti keberhasilan atau keberuntungan.
·         Dorothy Leeds
Kesuksesan adalah menukarkan pengetahuan dengan tindakan yang positif, kepemipinan yang disegani, baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan sosial. Sukses sama halnya dengan kebebasan. Kebebasan dari kegelisahan, ketakutan, frustasi dan kegagalan. Sukses berarti selalu merasa terhormat selalu merasa bahagia dan puas dengan kehidupannya, dan berhasil berbuat yang lebih baik untuk orang-orang yang menjadi tanggungannya.   
·         Dr. Haward Gardner
Menerjemahkan arti sukses sebagai keberhasilan seseorang dalam menemukan potensi keunggulan dirinya untuk bisa menjadi yang terbaik di bidangnya sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain, hasil pengamatan Gardner yang menemukan banyak orang yang dikatakan sukses secara financial, namun hidupnya tidak bahagia, ternyata hal ini disebabkan karena orang tersebut memilih pekerjaan / profesi yang tidak sesuai dengan keinginan hati dan potensi terpendam yang dimilikinya.

Hampir di seluruh dunia orang-orang yang sangat sukses memiliki pandangan yang sangat jauh berbeda dengan orang awam pada umumnya, mereka memiliki pandangan bahwa uang atau harta bukanlah efek dan bukan sebab dari sebuah kebahagian. Di Negara maju para orang tua dalam membimbing anaknya menuju sukses, terlebih dahulu membimbing anaknya untuk menemukan kegiatan atau profesi apa yang membuat dirinya bahagia.
Mengapa demikian? karena apabila seseorang telah menyukai dan bahagia (Happy) dengan apa yang dilakukanya maka ia akan menjadi sangat fokus dan memiliki totalitas yang sangat tinggi terhadap apa yang dikerjakanya. Tentu saja dengan totalitas yang luar biasa ini pada akhirnya akan membuat dirinya menjadi orang yang paling ahli dibidangnya (Expertise) dan ia akan mendapatkan kompensasi financial (Money) yang berbeda jauh dari kebanyakan orang pada rata-ratanya karena pekerjaan paling hebat adalah hobi yang di bayar.
Bila kita simpulkan urutan rumusnya adalah sebagai berikut H-T-E-M, Happinees-Totality-Expertise-Money, artinya suatu pekerjaan yang didasarkan pada kebahagiaan akan menghasilkan totalitas sepenuh jiwa, totalitas akan membuat seseorang menjadi ahli yang terbaik dibidangnya, siapapun yang terbaik pastilah ia akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat maupun perusahaan sehingga ia akan mendapatkan kompensasi financial yang sangat bagus.
Yang menarik adalah jika kita menggunakan rumus H-T-E-M, Happinees-Totality-Expertise-Money, kita dapat melihat bukti-bukti di negara maju begitu unggul mulai dari bidang olah raga, sains, sosial, ekonomi, seni dan sebagainya. Begitu banyak orang asing yang bahagia berprofesi di berbagai bidang yang spesifik mulai dari ahli cacing, ahli nuklir, ahli black box pesawat terbang sampai sebagai spesialis sampah yang begitu bahagia dengan profesi mereka.
Menurut buku Psychocyberneticsn yang di tulis oleh Dr. Maxwell maltz seorang dokter bedah plastik. Beliau menulis buku tersebut berdasarkan pengalaman beliau atas hasil analisisnya terhadap pasien-pasien yang telah di operasi plastik tetapi tidak mengalami perubahan mental misal kebahagiaan terhadap bentuk baru hasil operasinya. Berikut beberapa inti yang di tulis dalam bukunya.
1.      Self Images
adalah gambaran tentang bagaimana kita memandang diri kita sendiri baik tentang kesuksesan, happiness, kecantikan atau ketampanan diri dll.
2.      Servo Mechanism
bahwa otak kita mempunyai sebuah mekanisme kerja seperti komputer. yaitu mekanisme kerja sukses jika kita arahkan maka dia akan terus bekerja secara otomatis mencapai sukses.
3.      Gunakan imajinasimu untuk meraih kesuksesaan
4.      Keyakinan menjadi kebiasaan
Kita harus menghipnotis pikiran negatif dari diri kita, maka kebahagian akan kesuksesaan akan menjadi milikmu, karena kebahagiaan dan kebiasaan adalah sebuah kesuksesaan. Kita harus menjadikan kebahagiaan milik kita seperti mata, mulut dan lain-lain.













                                                                                                                    
 Sumber:
http://sub-wiki.blogspot.co.id/2012/08/definisi-sukses-dan-kesuksesan.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar