Sabtu, 11 Juni 2016

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI, EMOSI DAN MOTIVASI

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI, EMOSI DAN MOTIVASI
Kognisi manusia tidak selalu bersifat rasional karena melibatkan banyak bias dalam persepsi dan dalam ingatan manusia. Sebaliknya, emosi juga tidak selalu bersifat rasional, emosi dapat menyatukan manusia, mengatur jalannya sebuah hubungan dan memotivasi orang dalam mencapai suatu sasaran. Tanpa kemampuan merasakan emosi, manusia akan mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan atau dalam merencanakan masa depannya.
Persepsi adalah proses menafsirkan pengalaman yang ditangkap oleh panca indera yang kemudian diolah ke susunan syaraf pusat. Harus ada obyek / stimulus suara, warna, bau, bentuk, gerak, pengecapan/perabaan sensasi yang diolah (emosi, motivasi,dll) persepsi.
Contoh hubungan antara persepsi, emosi dan motivasi
Saya mempunyai teman bernama Rahma, ia mempunyai pacar yang bernama Andi. Mereka sangat dekat, dan sering jalan-jalan berdua sambil bergandengan tangan dan bersenda gurau. Kami pun sering jalan-jalan bersama. Suatu hari saya melihat Andi sedang jalan-jalan dengan seorang perempuan, tapi bukan Rahma. Pada saat itu saya langsung merasa kesal dan marah. Karena saya berpikir Andi selingkuh dengan wanita lain. Yang membuat saya yakin kalau Andi selingkuh adalah ketika dia merangkul perempuan itu. Seketika saya langsung terdorong untuk menghampiri Andi dan ingin melabrak perempuan itu. Saya sangat kecewa karena tidak menyangka kalau Andi sedang bermesraan dengan wanita lain.


Ketika saya menghampiri Andi dan menanyakan siapa wanita itu, ia menjelaskan bahwa wanita itu adalah ade sepupunya yang baru sembuh dari penyakit kanker dan ingin mengajaknya untuk jalan-jalan. Saya merasa lega dan tenang setelah mendengar cerita dari Andi karena apa yang saya yakini tadi adalah salah.
Kesimpulan :

Persepi muncul ketika mendapat stimulus dari luar secara berulang-ulang berupa suatu pengalaman atau kejadian yang sama. Pada saat mempresepsikan sesuatu akan timbul juga emosi karena melibatkan perasaan. Timbul lah motivasi untuk mencari tahu apakah suatu persepsi itu benar atau salah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar